ACADEMIC WRITING SKILLS OF S-1 STUDENTS IN SHARIA ECONOMIC STUDY PROGRAM IAIN PONTIANAK ACADEMIC YEAR 2020/2021
KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA S-1 PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN PONTIANAK TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) untuk memberi gambaran atau mendeskripsikan penguasaan keterampiaan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah di IAIN Pontianak; (b) untuk dapat menemukan dan melihat kendala kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah; dan (c) untuk memberikan masukan serta saran bagaimana cara untuk mengatasi hambatan kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana Objek penelitian adalah 30 orang mahasiswa Ekonomi Syariah semester I. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes menulis dan wawancara. Dan teknik analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskripsi yaitu melakukan penilaian terhadap hasil tes menulis mahasiswa berdasarkan pada rubrik penilaian yang telah disiapkan sebelumnya, kemudianhasil dari penilaian dikelompokan pada acuan penilaian, dan dijabarkan sesuai masing-masing komponen penilaian. Dari Hasil penelitian yang telah di lakukan menunjukkan 9 orang mahasiswa mempunyai kemampuan menulis artikel ilmiah pada kategori baik atau setara dengan 30%, 4 orang pada kategori cukup atau sekitar 13%, 10 orang pada kategori kurang atau sekitar 33%, dan 7 orang yang lain pada kategori kurang sekali atau sekitar 24%.
References
Andika, M. (2019). Mobile Learning SebagaioMedia Pembelajaran Bahasa Inggris. Pendidikan, 553.
Dalman. 2013. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Ebo, A. K. (2005). Menulis Nggak Perlu Bakat. Jakarta: MU:3 Book.
Jauhari, H. (2013). Terampil Mengarang dari Persiapan Hingga Presentasi, dari Karangan Ilmiah Hingga Sastra. Bandung: Nuansa Cendekia
Kanegi, Br Ginting, M. (2012). Efektivitas Model Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Rakyat SEI Gelugur Tahun Pembelajaran 2012/2013. Basastra, V.2 No.4. Retrieved from jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/823%0A
Karim, M. F., & Mursitama, T. N. (2015). Menulis Akademik. Depok: Linea Pustaka.
Nurgiyantoro, B. 2015. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2018).Metode PenelitianoKuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2015). Kemampuan Menulis Ilmiah Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri Kota Bengkulu Tahun 2015. Bengkulu: FKIP Unib.
Tarigan, H. G. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yulistio, D. (2012). Keterampilan Siswa Menulis Teks di SMP Negeri Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Bengkulu: FKIP